Sudah Idealkah Tangga Anda?

t9Sebagai jalur vertikal penghubung antar lantai, tangga menyimpan potensi bahaya bagi pemakainya, karena itu salah dalam membuatnya bisa mengakibatkan pengguna/pemakainya meresa lelah saat menapakainya, bahkan bisa saja terpeleset dan jatuh akibat salah menginjak anak tangga. Mungkin juga pengguna terjatuh akibat permukaan anak tangga licin, atau tangga tidak memiliki pagar pengaman.

Untuk meminimalkan potensi bahaya tersebut, maka sebelum merancang dan membuat tangga, sebaiknya perlu diketahui dulu aspek-aspek dalam perencanaan tangga, untuk itulah kita perlu mengetahui dulu data mengenai, siapa saja pengguna tangga itu?, apa saja yang dibawa saat menaiki tangga?, seberapa sering tangga itu digunakan?

adanya data tersebut akan mempengaruhi secara keseluruhan dari desain tangga tersebut, semisal,

  • Jika penggunaan tangga tersebut untuk anak2 atau manula, maka otomatis desain pada tinggi pijakan harus dibuat senyaman mungkin, kemudian tangga harus diberi pengaman khusus, railing tangga harus kokoh dan rapat.
  • Jika penggunaan tangga tersebut, untuk lalu lintas para pengunjung yang membawa barang bawaan berat semisal di mall-mall yang notabene intensitas penggunanya sangat padat sekali, maka otomatis struktur tangga harus didesain dengan kuat dan kokoh, dan jika tangga tersebut nantinya dibuat dengan material beton, maka pembesian tangga tersebut harus diperhatikan secara benar, faktor beban keamanan harus mengikuti standard aturan yang berlaku (PMI ‘83), tinggi dari pijakan harus didesain sedemikian rupa sehingga para pengguna merasa nyaman dan tidak khawatir terpeleset pada saat menapakinya.

t16

Setidaknya ada tiga aspek yang perlu diperhatikan dalam perencanaan sebuah tangga yang ideal, dan enam pendukung sistem struktur tangga yang ideal

  • Tiga aspek dalam perencanaan tangga yang harus diperhatikan : 

1. Aspek Keamanan.

Tangga yang ideal harus mempunyai syarat keamanan, memenuhi syarat keamanan berarti tangga memiliki konstruksi yang kokoh untuk menahan atau menampung beban-beban dari konstruksi itu sendiri dan menampung beban manusia yang menggunakannya.

2. Aspek Kenyamanan

Tangga yang ideal harus mempunyai syarat kenyamanan, memenuhi syarat kenyamanan berarti pemakai/pengguna tidak merasa sulit dan lelah saat menapakinya.

Untuk memberikan rasa nyaman ketika menaiki tangga, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat perencanaannya, seperti :

· Tinggi dan ukuran anak (pijakan) tangga

· Kemiringan (kecuraman)

· Penggunaan pagar tangga (railing & bluster)

· Penggunaan borders

· Material anti slip, dan

· Pencahayaan pada ruang tangga

3. Aspek Estetika

Pilihan model dan desain tangga rumah anda, harus sesuai dengan arsitektural rumah anda secara keseluruhan. Sehingga tangga rumah anda tidak hanya berfungsi sebagai sarana penghubung lantai bawah dan atas saja, tapi juga bisa memberikan nilai tambah bagi keindahan rumah anda.

  • Enam Pendukung Sistem Struktur tangga yang harus diperhatikan : 

t2

     
    1. Pondasi
    Dibuat agar tangga tidak mengalami penurunan atau pergeseran. Pondasi dapat berupa pemasangan batu kali, beton bertulang atau kombinasi keduanya.
    2. Ibu Tangga
    Merupakan konstruksi pokok yang mendukung anak tangga, dapat merupakan konstruksi yang menjadi satu dengan rangka bangunan atau terpisah.
    3. Anak Tangga
    Sebagai tempat bertumpunya telapak kaki, syaratnya harus dipasang dengan teratur (agar enak dan nyaman saat dilalui), bentuk dan ukurannya harus ideal untuk memberikan rasa aman dan nyaman.
    4. Pagar Tangga
    Pelindung disamping sisi tangga agar orang tidak terperosok. Terdiri dari berbagai motif. Pembuatannya harus mempertimbangkan unsuk keamanan, kenyamanan dan keindahan.
     
    5. Pegangan Tangga
    Tempat berpegang bagi orang yang akan naik turun tangga agar aman, bentuknya bisa bulat atau persegi (tergantung selera), dibuat agar terasa enak dan pas oleh genggaman telapak tangan. Membutuhkan tumpuan berupa pagar tangga yang ditanam pada anak tangga dan ibu tangga 
    6. Bordes
    Adalah pelat datar diantara anak-anak tangga untuk tempat beristirahat. Lebar bordes ideal untuk bangunan rumah antara 80-100 cm, dan bangunan umum antara 120-200 cm

t5t3

N a h !  S u d a h    i d e a l k a h   t a n g g a   a n d a ?……

Referensi :

-majalah serial rumah (tangga)

-catatan kuliah struktur tangga

Share:

1 comment:

  1. bila adakeluhan mengenai anti slip untuk anak tangga, kami punya produk stair nosing,detail www.cliniclantai.blogspot.com
    salam satyawiguna 0812 822 55668

    ReplyDelete

Merupakan sebuah kehormatan dan kebahagiaan bagi kami, jika anda berkenan untuk meluangkan waktu sejenak untuk memberikan kritik dan saran bagi blog kecil ini, melalui kotak komentar dibawah ini.

Cari Artikel

Follow by Email

Popular Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sobat Kampuz