Menghitung Kebutuhan Ruang Tangga

Untuk bisa meletakkan tangga secara efisien, Anda perlu tahu menghitung kebutuhan ruang tangga. Untuk tangga bordes, panjang tangga didapat dari selisih ketinggian antar lantai dibagi dengan tinggi anak tangga dan kemudian dikalikan dengan ukuran lebar anak tangga (lihat gambar)

tangga

rumus panjang tangga :

rumus tangga

Selisih ketinggian (h2-h1) merupakan ruangan, sedangkan tinggi anak tangga(t) dan lebar anak tangga (a) bisa Anda tentukan sendiri. Tinggi dan lebar anak tangga mempengaruhi kenyamanan dalam menggunakan tangga. Panjang tangga yang dapat dari perhitungan, setelah dicocokkan ke dalam ruangan, bisa menentukan apakah tangga tersebut masih memungkinkan berbentuk lurus, atau harus berbentuk L, U, dan lain sebagainya. Untuk sebuah ruangan dengan tinggi 3m, tinggi anak tangganya 15 cm dan lebarnya 25 cm, maka panjang anak tangga bisa dihitung sebagai berikut :

Contoh perhitungan :

h1 = posisi nol lantai (± 0.00)

h2 = 3.00 meter

Tinggi pijakan /anak tangga (t) = 15 cm

Lebar pijakan / anak tangga (a) = 25 cm

Panjang tangga :

= ( (300 – 0) /15) - 1 ) x 25 cm

= 20 x 25 cm

= 475 cm atau 4,75 m

 

Sumber data : Majalah Serial Rumah (Seri-Tangga)

Share:

No comments:

Post a Comment

Merupakan sebuah kehormatan dan kebahagiaan bagi kami, jika anda berkenan untuk meluangkan waktu sejenak untuk memberikan kritik dan saran bagi blog kecil ini, melalui kotak komentar dibawah ini.

Cari Artikel

Follow by Email

Popular Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sobat Kampuz