Spreadsheet Excel, Perencanaan Pondasi Telapak Bujur Sangkar

Microsoft Excel adalah program spreadsheet atau pengolah angka yang paling populer dan banyak digunakan saat ini. Disukai banyak kalangan karena pengoperasiannya yang relatif mudah dengan hasil yang memuaskan. Dalam lingkup Teknik Sipil, Excel sudah mendapat tempat tersendiri bagi profesi mereka.

Salah satu kekuatan Excel adalah bahasa macro-nya. Hal ini tentu tidak lepas dari aplikasi Visual Basic (Visual Basic for Application) yang bekerja dengan Excel. Macro yang selama ini kita kenal, umumnya digunakan otomasi langkah-langkah pekerjaan dalam aplikasi perkantoran. Namun dalam hal lain, juga dapat digunakan untuk aplikasi perhitungan. Disini terdapat kombinasi yang unik antara spreadsheet dan Visual Basic yang ternyata banyak memberikan kemudahan bagi pemakai jika membuat program perhitungan Excel.

Nah…berikut adalah salah satu aplikasi excel yang diterapkan pada bidang teknik sipil, dimana kemampuan Excel dalam mengolah teks, angka, rumus, database dan grafik akan dimanfaatkan sepenuhnya untuk membuat spreadsheet desain Pondasi telapak bujur sangkar

 

Screenshoot Spreadsheet

 

A1 (Input Data)

 

G6

(Skema Hitung Fondasi)

 

G5

(Analisa Perhitungan)

 

G2

(Desain Tulangan)

 

G4

(Lampiran Peraturan SNI 03-2847-2002Yang terkait)

 

G7

  (Laporan singkat perhitungan)

 

isolated-footing Landasan Teori (Dasar Perencanaan)

Dalam mendesain pondasi telapak, perencanaan pondasi harus mencakup segala aspek agar terjamin keamanan sesuai dengan persyaratan yang berlaku, misalnya, penentuan dimensi pondasi meliputi panjang, lebar dan tebal pondasi, kemudian jumlah dan jarak tulangan yang harus dipasang pada pondasi.

Adapun peraturan untuk perencanaan pondasi telapak tercantum pada SNI 03-2847-2002 merujuk pada pasal 13.12 dan pasal 17.

Jika sobat kampuz ada yang belum memiliki peraturan tersebut. Silahkan klik disini untuk download SNI 03-2847-2002

 

Garis besar perencaan Fondasi Telapak

1. Menentukan Dimensi Pondasi

hal yang paling penting dalam merencanakan pondasi adalah menentukan ukuran dimensi, dimana ukuran panjang, lebar dan ketebalan telapak pondasi harus ditetapkan sedemikian rupa sehingga tegangan yang terjadi pada dasar pondasi tidak melebihi daya dukung tanah dibawahnya

2. Mengontrol Kuat Geser 1 Arah

kerusakan akibat gaya geser 1 arah terjadi pada keadaan dimana mula-mula terjadi retak miring pada daerah beton tarik (seperti creep) lihat gambar dibawah. Akibat distribusi beban vertikal dari kolom (Pu kolom) yang diteruskan ke pondasi, maka pada bagian dasar pondasi mengalami tegangan. Akibat tegangan ini, tanah memberikan respon berupa gaya reaksi vertikal keatas (gaya geser) sebagai akibat dari adanya gaya aksi tersebut. Kombinasi beban vertikal Pu kolom (kebawah) dan gaya geser tekanan tanah keatas berlangsung sedemikian rupa sehingga sedikit demi sedikit membuat retak miring tadi semakin menjalar keatas sehingga membuat daerah beton tekan semakin mengecil. Nah…dengan semakin mengecilnya daerah beton tekan ini maka mengakibatkan beton tidak mampu menahan beban geser tanah yang menyodok/mendorong keatas, akibatnya beton tekan akan mengalami keruntuhan.

 

g2

Kerusakan pondasi yang diakibatkan oleh gaya geser 1 arah ini biasanya terjadi jika nilai perbandingan antara nilai a dan nilai d cukup kecil, dan selain itu, mutu beton yang digunakan juga kurang baik sehingga mengurangi kemampuan beton dalam menahan beban tekan

 

g1 

Retak pondasi yang diakibatkan oleh gaya geser 1 arah, biasanya terjadi pada jarak +/- d dari muka kolom, dimana d adalah tebal efektif podasi

3. Mengontrol Kuat Geser 2 Arah (Geser Pons)

Bisa disebut juga dengan geser pons (punching shear), dimana akibat gaya ini, pondasi mengalami kerusakan disekeliling kolom dengan jarak kurang lebih d/2

 

g3

 

4. Menghitung Tulangan Pondasi

Beban yang bekerja pada pondasi adalah beban dari reaksi tegangan tanah yang bergerak vertikal keatas akibat adanya gaya aksi vertikal kebawah (Pu) yang disalurkan oleh kolom. Tulangan pondasi dihitung berdasarkan momen maksimal yang terjadi pada pondasi dengan asumsi bahwa pondasi dianggap pelat yang terjepit dibagian tepi-tepi kolom.

Menurut SNI 03-2847-2002, untuk tulangan pondasi telapak berbentuk bujursangkar harus disebar merata pada seluruh lebar pondasi (lihat pasal 17.4.3)

5. Mengontrol Daya Dukung Pondasi

Pondasi sebagai struktur bangunan bawah yang menyangga kolom yang memikul beban-beban diatasnya (bangunan atas) harus mampu menahan beban axial terfaktor (Pu) dari kolom tersebut. Maka dari itu beban dari Pu diisyaratkan tidak boleh melebihi daya dukung dari pondasi (Pup) yang dirumuskan sebagai berikut :

Pu < Pup

Pup = Ø x 0,85 x fc’ x A

Dimana :

Pu  = Gaya aksial terfaktor kolom……. (N)

Pup  = Daya dukung pondasi yang dibebani……. (N)

fc’ = Mutu beton yang diisyaratkan……. (Mpa)

A = Luas daerah yang dibebani…….(mm2)

 

Untuk contoh penggunaan spreadsheet ini, akan diulas pada posting  berikutnya.

Dasar teori spreadsheet perhitungan pondasi telapak bujursangkar ini mengacu pada SNI 03-2487-2002, dan alur langkah perhitungan ada dalam bagan alir perencanaan pondasi yang ada dalam spreadsheet tersebut.

Untuk download Spreadsheet Klik pada icon rumah dibawah ini…….

  Download spreadsheet

Sekian…

Dan semoga bermanfaat…

Share:

31 comments:

  1. program excel nya boleh di minta ga mas....hehehe

    ReplyDelete
  2. bermanfaat sekali ... bravo teknik sipil

    ReplyDelete
  3. Iya dong mas... file excel-nya di-upload biar kita bisa gunakan. Thanks.

    ReplyDelete
  4. File Excel sudah saya Upload...
    semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
  5. Sangat bagus, senang sekali bisa belajar lewat tulisannya. Saya kebetulan mengajar Bahasa Pemrograman, sangat pas kalau saya kolaborasikan tulisan ini dengan materi kuliah saya.
    Sukses Selalu.

    http://cinta-duit.blogspot.com
    http://sipilsda.co.cc
    http://faqihns.wordpress.com

    ReplyDelete
  6. AnonymousMay 14, 2011

    Pokoknya sangat mantab sangat, semoga pemilik blog ini makin sukses dan sehat. Betul2 penjelasan disertai ilustrasi yg lengkap disertai contoh kasus soal. Skedar saran kalo bisa dimasukkan sedikit teori2 mekanika tanahx

    ReplyDelete
  7. kok file excelnya corrupt ya?? bisa diupdate nggak mas sama yang nggak corrupted?

    ReplyDelete
  8. @mif : Insya Alloh filenya Nggak Corrupted kok, sudah saya coba, monggo silahkan di download, semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
  9. password excel bujur sangkar apa nih ??

    ReplyDelete
  10. mas klo untuk bujur sangkar apa passwordnya... I loved civilization...

    ReplyDelete
  11. ko filenya jd exe n bervirus

    ReplyDelete
  12. AnonymousJuly 13, 2013

    assalamu'alaikum mas..bisa upload hosting lain gak? soalnya kalo ziddu bervirus...makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  13. MAS LTFI...SAYA SUDAH PELAJARI ARTIKEL SAMPEAN..

    PERTANYAAN SAYA,
    1.PERENCANAAN SLOOF NYA GIMANA MAS KALAU PAKEK STAAD'04 MAS YA??
    2.SAYA SUDAH MELIHAT ARTIKEL SAMPEAN MENGENAI DESAIN RUKO 2Lt DENGAN
    STAAD'04, TP SAYA MASIH BINGUNG, SOALNYA SAYA LIHAT CUMA ADANYA
    PORTAL SAJA,APAKAH SLOOF JD SATU DENGAN DESAIN PONDASI??

    MAAF PERTANYAAN SAYA BANYAK MAS LUTFI,KLO BISA SAYA KHURSUS AJA SAMA MAS, SAYA BAYAR BERAPA AJA MAU,,SERIUS SAYA, DARI RAHMAN, TKS

    ReplyDelete
  14. 1.@mas Anonim
    tanggapan saya : memang saya sendiri juga sudah agak ogah nyimpen file di ziddu, saya mau beralih ke mediafire, nanti semua file dari sejak postingan pertama saya sampai terakhir dan untuk selanjutnya saya simpan di mediafire. terima kasih atas masukannya.

    ReplyDelete
  15. @Anonim
    Tanggapan saya :
    1. perencaan sloof menggunakan STAAD, ya silahkan, kan petunjuknya sudah ada dipostingan tersebut, anda tinggal memodelknannya distruktur, kemudian definisikan dimensi dan materialnya di STAAD kemudian assign bebannya yaitu beban bata 250 kg/m2 x tingginya.
    disitu memang tidak saya gambar sloof nya, kalau memang perlu untuk analisa keseluruhan dan ingin melibatkan sloof untuk desain pondasi ya monggo silahkan, berarti anda tinggal nggambarkan saja di pemodelan strukturnya. bila ingin melihat reaksi total disupport dan ingin didesain secara menyeluruh, ,aka lebih baik sloof digambar dan beban dinding diatas sloof diassign ke sloof. tujuan adanya sloof itukan agar bila terjadi penurunan tidak secara lokal, tapi seragam, selain juga mengakukan struktur bawah, karena dia mengikat poer pondasi.
    sekian jawaban saya, kalau ada pertanyaan lagi kirimkan saya pertanyaannya di email saya di : maestromusic.lutfi@gmail.com

    terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.
    salam

    ReplyDelete
  16. Ilmu yang sangat bermanfaat. Meskipun saya bukan orang teknik tapi sangat senang belajar hal2 yang bersinggunangan dengan teknik. Kebetulan pekerjaannya juga berkaitan dengan hal2 yang teknik sipil. Makasih ya, sangat bermanfaat...

    Best regard's


    Tiknyo

    ReplyDelete
  17. @Mas Tiknyo :
    Sama sama Mas Tiknyo, semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
  18. Salam Mas Lutfi..
    Dimana saya bisa download file excelnya..??
    Mohon bantuan..terima kasih :)
    Dari Mahadi

    ReplyDelete
  19. Terimakasih atas ilmunya yg dibagikan dengan sederhana, padat, dan gratis. Semoga ilmunya semakin bertambah dan memperoleh keberkahan.

    Untuk teman2 yg terganggu dengan game setelah mencoba mendownload aplikasi spreadsheetnya, coba langsung membuka url berikut: http://www.ziddu.com/download/14165591/HitiungFondasiTapakbujursangkar2.xlsx.html. Saya sdh coba dan bisa download dengan mulus tanpa gangguan virus...Selamat mencoba. .

    ReplyDelete
  20. mas lufti persamaan untuk mencari tengan tanah itu "Mu/1/6.b.L^2" didapat dari mana?mohon pencerahanya,.

    trims

    ReplyDelete
  21. terima kasih sangat membantu... ^^

    ReplyDelete
  22. mas file nya bisa di share lagi ya............terima kasih ilmu teknik nya...........salam kenal dari saya

    ReplyDelete
  23. Terima kasih ilmunya.. sangat membantu

    ReplyDelete
  24. gan link nya mati ,bisa dibuat ulang

    ReplyDelete
  25. mas luthfi bisa minta tolong linknya mas...

    ReplyDelete
  26. bang gga bias didownload filenya....

    ReplyDelete
  27. mas link downloadnya mati...
    bsa share excelnya mas ke rillohalim@gmail.com.
    trima kasih mas.

    ReplyDelete
  28. mas link downloadnya mati tolong di upload ulang
    atau tolong gan share di email saya : dimasputra6677@gmail.com

    ReplyDelete
  29. mas link nya mati kalo bole minta ke email saya ary939@gmail.com

    ReplyDelete
  30. Mas link downloadnya ga bisa d buka. Tolong kirim ke saya jg dong mas hehehe erik.habibah@gmail.com terimakasih mas

    ReplyDelete

Merupakan sebuah kehormatan dan kebahagiaan bagi kami, jika anda berkenan untuk meluangkan waktu sejenak untuk memberikan kritik dan saran bagi blog kecil ini, melalui kotak komentar dibawah ini.

Cari Artikel

Follow by Email

Popular Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sobat Kampuz