Tabel Konversi Satuan Untuk Teknik Sipil

Satuan?…Pentingkah?

Penting!,

Gampangnya gini, …cobalah anda pergi ke toko sembako, kemudian bilang ke penjualnya

“Pak beli berasnya satu…..”

yakin dech pasti penjualnya pasti balik tanya karena bingung “satu apa mas?“ 

Nah penting kan satuan itu…, jadi perlu diperjelas, satunya satu apa?, satu biji apa satu kilo (kalau satu biji gak mungkin dech hehehe)

ini baru satu contoh brow….hehehe, contoh berikutnya seperti ini

kalau anda sedang merenovasi rumah, dan berniat untuk beli bahan bangunan, kemudian tanyalah ke penjualnya seperti ini :

  1. Pak, beli besinya sepuluh, harganya berapa?
  2. Bu, beli pasirnya dua, kerikilnya satu, berapa harganya?

kira-kira penjualnya bingung ndak?

Jadi perlu diperjelas, sepuluh itu sepuluh apa? lonjor apa kilo?, terus pasir dan kerikilnya nya dua gledek atau dua kolt atau apa….

Jadi inilah pentingnya dari satuan itu, karena menjadi identitas dari bilangan atau angka yang kita sebutkan 

Ok! sekarang kita masuk ke pembicaraan utama kita, yaitu konversi satuan.

Berbicara tentang konversi-mengkonversi, jujur saja dulu saya sempat bingung, semisal 1 Mpa itu berapa t/cm2 ? kg/cm2 ?, atau 1 N.mm itu berapa kg.cm? kg.fit? kg.in?…,nah kadang-kadang hal-hal seperti itu bikin kepala saya dikit puyeng lho (maklum soalnya saya ini orangnya agak lemot hehe)

Nah…untuk mengatasi kebingungan saya (biar kepala nggak puyeng hehe), maka saya buat tabel kecil konversi satuan, yang tentu saja saya ambil satuan-satuan yang penting saja khususnya untuk hitung menghitung di lingkup teknik sipil. tabelnya seperti dibawah ini :

tabel konversi panjang

tabel konversi area

tabel konversi berattabel konversi sudut  tabel konversi volume tabel konversi tekanantabel konversi momen

Baris yang saya blok pakai warna hijau tua adalah angka dan satuan yang akan dikonversi, sedangkan baris, kolom yang saya blok pakai warna hijau muda adalah hasil konversinya. Perhatikan angka dan satuan yang saya blok pakai warna hijau tua, untuk angkanya saya ambil mudahnya yaitu angka 1 (untuk selanjutnya ini disebut sebagai angka pengali), sedangkan untuk satuannya saya ambil yang familiar bagi kita yaitu kilogram (kg), meter (m), degree (deg) (satuan MKS ‘meter, kilogram, second).

Terus bagaimana cara penggunaanya ?

Tinggal dilakukan perbandingannya saja, dan saya rasa pasti rekan-rekan sudah tahu semuanya to hehehe….

Konsep konversi-mengkonversinya saya rumuskan sebagai berikut :

rumus konversi

Contoh 1

0.5 cm = …….fit

Jawab :

angka pengalinya = 0.5

satuan lama = cm

satuan baru yang diinginkan = fit

  1. Sesuaikan dengan tabel konversi diatas
  2. Ambil angka (nilai) yang ada di tabel untuk dijadikan perbandingan

contoh 1 

0.5 cm  =  (3.2808/100) x 0.5

0.5 cm  = 0.0164 fit

Contoh 2

30 kip = …….N

Jawab :

angka pengalinya = 30

satuan lama = kip

satuan baru yang diinginkan = N

  1. Sesuaikan dengan tabel konversi diatas
  2. Ambil angka (nilai) yang ada di tabel untuk dijadikan perbandingan

contoh 2

30 kip  =  (9.80665 / 2.20E-03) x 30

30 kip  = 133500 N

Contoh 3

25 Mpa = ……. kg/cm2

Jawab :

angka pengalinya = 25

satuan lama = Mpa

satuan baru yang diinginkan = kg/cm2

  1. Sesuaikan dengan tabel konversi diatas
  2. Ambil angka (nilai) yang ada di tabel untuk dijadikan perbandingan

contoh 3

25 Mpa  =  (1.00E-04 / 9.81E-06) x 25

25 Mpa  = 254.929 kg/cm2

Sampai disini, mudah kan…….

Oh iya, Jika rekan rekan ingin

  • download tabel diatas dalam format excel, klik aja disini
  • download tabel diatas dalam format PDF, klik aja disini

Semoga bermanfaat…….

Share:

6 comments:

  1. AnonymousJuly 06, 2010

    terima kasih atas tabel konversi nya,..
    sangat bermanfaat,.

    ReplyDelete
  2. terima kasih banyak atas ilmu pengetahuan yang anda bagikan, semoga ALLAH S.W.T memberi ilmu lebih lagi kepada anda.

    ReplyDelete
  3. Lutfi Andrian (admin) :
    Link nya bisa kok, silahkan coba

    ReplyDelete
  4. Terima Kasih banyak untuk tabel konversinya mas/mbak/bapak/ibu . semoga menjadi amal jariyah.

    ReplyDelete
  5. sangat membantu sekali dalam tugas perencanaan gedung, yang saya kerjakan thanks mas bro

    ReplyDelete

Merupakan sebuah kehormatan dan kebahagiaan bagi kami, jika anda berkenan untuk meluangkan waktu sejenak untuk memberikan kritik dan saran bagi blog kecil ini, melalui kotak komentar dibawah ini.

Cari Artikel

Follow by Email

Popular Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sobat Kampuz