Sunday, August 18, 2019

MEMBUAT KOORDINAT OTOMATIS PADA AUTOCAD DENGAN BLOCK ATTRIBUTE

Kalau kita bekerja pada lingkup penggambaran denah situasi atau layout pada sebidang tanah / bangunan, adakalanya kita diminta untuk memberikan koordinat (X,Y) pada titik tertentu di gambar denah situasi yang kita buat, yang mana tujuan dari pemberian koordinat tersebut biasanya digunakan sebagai acuan bagi surveyor untuk menentukan titik atau patok dilapangan sehingga lebih mempermudah dalam perencanaan nantinya.
Sebagai suatu contoh adalah gambar denah situasi dibawah ini, yang mana kelak dalam perencanaan selanjutnya, ditanah tersebut akan dibangun beberapa unit gudang dan beberapa utilitas penunjang lainnya. disitu ada 14 titik yang akan diminta titik koordinat X dan Y nya.   



Nah... untuk keperluan pemberian koordinat diatas, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, namun disini akan dibahas dua cara saja yaitu :

1. Menggunakan fasilitas "LIST"

Jika memang titiknya tidak banyak, maka bisa digunakan fasilitas "List" untuk menyelesaikannya. Fasilitas ini cukup simple dan tidak perlu banyak setting didalamnya, cukup tekan "Li" pada keyboard kemudian klik lingkaran (pink) pada salah satu titik misalnya titik 1, maka koordinatnya akan langsung muncul, kemudian data koordinat dari "List" ini anda ketik kemudian taruh disamping titik 1 tadi (lihat gambar dibawah) :

Caranya :

1. Tekan "Li" pada keyboard - Enter
2. Klik object lingkaran (warna pink) - Enter



3. Ketik secara manual data koordinatnya, kemudian taruh didekat titik 1, hasilnya seperti dibawah ini. kemudian dengan cara yang sama, anda bisa melanjutkan untuk titik titik selanjutnya.



2. Menggunakan fasilitas fasilitas "BLOCK ATTRIBUTE"

Jika memang titik yang akan diberi koordinat sangat banyak, maka cara yang pertama sangatlah tidak efektif karena harus mengetik satu persatu koordinatnya, dan ini membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga tidak mungkin lagi dipakai cara ini, karena disamping lama juga  bikin pegel jari jari hehe... Untuk itu bisa dipakai fasilitas lain yaitu fasilitas "Block Attribute".
Di fasilitas ini, koordinat tersebut nantinya akan bisa dimunculkan secara otomatis, sehingga kita tidak perlu mengetik manual satu persatu koordinatnya seperti pada cara diatas.
Adapun caranya adalah sebagai berikut : 

1. Buat sebuah objek yang akan dijadikan sebagai "datum", dimana titik pusat dari objek tersebut (titik center/tengahnya) akan dijadikan sebagai titik acuan. Untuk contoh kali ini kita akan gunakan objek circle/lingkaran sebagai datum (lihat gambar lingkaran warna putih dibelah kiri pada gambar dibawah).



2. Pada menu pulldown kiri atas, klik tab "insert" kemudian klik tool "define attribute". lihat gambar dibawah ini.



3. Pada kotak dialog "Attribute Definition", diposisi frame "Attribute", isi pada kolom field seperti dibawah ini :
- Tag : C1
- Prompt : KOORDINAT
- Default : X,Y = 
kemudian lanjutkan dengan klik tombol "insert field" yang ada disamping kotak"default"(lihat gambar dibawah)




4. Setelah itu akan muncul kotak dialog "Field", arahkan kursor ke kotak "Field Category" setelah itu pilih "Objects", kemudian klik pilihan "Objects" yang ada pada kotak "Field names", lanjutkan dengan klik pada tombol "select object" yang saya lingkari pakai warna merah (lihat gambar dibawah).



5. Saat anda meng klik tombol "select object" yang saya lingkari pakai warna merah pada langkah no 4 diatas, maka anda akan dibawa kembali kelayar utama AutoCAD, nah... disitu anda klik datum lingkaran yang telah anda buat sebelumnya dilangkah 1. Setelah anda klik lingkaran tersebut maka anda akan dibawa kembali ke kotak dialog "Field".
Nah disini kita akan melakukan setting lebih lanjut terhadap "datum" ini.
- Pilih "Center" pada kotak Property.
- Pilih "Decimal" pada kotak Format
- Pilih "0" pada combo box "Precision"
- Hilangkan centang pada kotak checkbox "Z" (karena kita hnay menampilkan koordniat X dan Y saja, sehingga Z tidak kita pakai.
- Klik "OK"
Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :



6. Di kotak dialog "Attribute Definition" arahkan kursor ke kotak "Default", disitu sudah muncul nilai dari X dan Y dari titik center datum yang anda buat tadi (angkanya terblok dengan warna abu abu). Pada angka X dan Y yang terblok tadi anda kasih tanda kurung awal dan kurung tutup didepan dan dibelakangnya. Lihat gambar dibawah ini :



Perhatikan tanda kurung awal dan kurung tutupnya (yang saya kasih kotak merah), jika sudah klik "OK".

7. Setelah anda klik "OK" maka kursor anda sekarang diikuti oleh Tag "C1", nah... anda taruh C1 ini dekat dengan datum lingkaran yang anda buat tadi, taruh disampingnya, dan jangan jauh jauh (lihat gambar dibawah).



8. Buat garis polyline seperti gambar dibawah ini.



9. Tekan "B" di keyboard kemudian tekan Enter, maka akan muncul kotak dialog "Block Definiton". Klik "Select Objects" kemudian seleksi semua object yang ada digambar, yaitu datum lingkaran, garis polyline yang anda buat tadi dan juga tag C1 nya(lihat gambar dibawah)



Jika sudah diseleksi semua lanjut tekan Enter, kemudian anda akan kembali dibawa ke kotak dialog "Block Definition", kasih nama "LABEL KOORD" pada kotak Name, kemudian lanjutkan dengan klik tombol Pick Point.



10. Klik kembali datum lingkaran.
sekarang perhatikan dibagian kotak "Base Point" disitu sudah tertera value dari X dan Y


Cheklist pada kotak "Open in block editor", kemudian klik "OK".

11. Setelah itu dikotak dialog "Edit Attribute" akan terdefinisi nilai X dan Y di kotak field koordinat. setelah itu klik OK untuk masuk ke mode "Block Editor"



12. Di mode "Block Editor" klik tab "Parameter" kemudian klik "Point", setelah itu anda klik di posisi 1 kemudian drag ke titik 2.



13. Klik Tab "Actions", kemudian pilih "Stretch" - klik di garis point "Position 1" - kemudian klik titik 4 terus drag ke titik 5.



14. Setelah itu klik garis point "Position 1" sekali lagi - kemudian klik text tag "C1" - klik garis Line - Tekan Enter - Kemudian klik "Close Block Editor".



15. Jika langkah langkah diatas sudah benar, maka akan terbentuk block attribute dengan nilai X dan Y yang sudah terdefinisi sebagai berikut, lihat gambar dibawah :



16. Anda klik block attribute yang anda buat barusan, disitu akan muncul "Point" diposisi yang anda setting tadi pada langkah ke 12 s/d 14. 
Nah...dengan adanya "Point Position" yang terletak ditekukan dua garis(line) ini, maka posisi dari angka koordinat ini bisa kita atur(drag) posisinya. Lihat ilsutrasinya pada gambar dibawah.



Jika anda tidak men setting "Point" Position, maka text koordinat tidak bisa kita atur posisinya sesuai dengan keinginan kita.

17. Sekarang letakan Block Attribute tadi ke titik 1, kemudian tekan "RE" di keyboard (tanpa tanda petik) - Enter. Maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.



Dengan cara yang sama, lakukan juga pada titik 2 s/d titik 14, sehingga nanti hasilnya akan seperti gambar dibawah ini :



18. Jika nanti dirasa text koordinatnya terlalu kecil, anda bisa mengaturnya kembali melalui tool "Manage Attribute" kemudian pilih Block yang akan di edit, kemudian di tab "Text Option" atur "Height" dari text attributenya, jika sudah, klik OK






19. Jika sudah maka, hasilnya sebagai berikut :



Ok, Sekian dulu pembahasan, mengenai pembahasan membuat koordinat dengan Block Attribute, Insya Allah untuk posting selanjutnya kita akan belajar bagaimana caranya membuat koordinat dengan "lisp".

Sekian dan semoga bermanfaat.




2 komentar:

BlogSuparmanRuslan said...

Terima kasih. Semoga bermanfaat untuk semua. Berkah untuk yang nulis.

smailmonan2000 said...

Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

Post a Comment

Merupakan sebuah kehormatan dan kebahagiaan bagi kami, jika anda berkenan untuk meluangkan waktu sejenak untuk memberikan kritik dan saran bagi blog kecil ini, melalui kotak komentar dibawah ini.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes