Saturday, July 31, 2010

Cara Memasukan Material Baja Ringan Pada STAAD

 

sample unit truss_non batten

Apakah anda akan menganalisa struktur rangka atap baja ringan?

Jika jawaban anda adalah “YA” , maka ada beberapa parameter penting yang harus anda ketahui dan anda masukan ke program sebelum anda melakukan analisa struktur rangka atap baja ringan tersebut.

Beberapa parameter tersebut adalah :

  1. Tegangan maksimum  550 MPa
  2. Kuat leleh 550 MPa
  3. Modulus geser 80.000 MPa
  4. Modulus Elastisitas 200.000 MPa
  5. Berat Jenis 7400 kg/m3

Source : Handbook Energy and Calculation with Directory of Products and Services, Pister D OSBORN. Butterworth & Co. (published), 1985, UK

Peraturan Muatan Indonesia 1970, Depth. PUTL, DC DPMB 1980, Bandung

Terus bagaimana caranya memasukan informasi material dari baja ringan tersebut ke program ?

Gampang kok! berikut adalah caranya. Tapi eitz…tunggu dulu…….

Nb : Program yang saya pakai adalah STAAD Pro versi 2004. Sedangkan untuk anda-anda yang memiliki versi diatasnya tinggal menyesuaikan saja. Tidak banyak perbedaan kok dari segi inputing datanya.

Lho kok kenapa harus pakai program STAAD Pro. Memang tidak ada yang lain???…

Ya harus pake STAAD pro to… lha wong judul postingnya aja  pakai STAAD pro…..wakakakakak…..

(jangan khawatir untuk sobat kampuz yang pakai software selain STAAD Pro, semisal ETABS atau SAP akan saya bahas diposting mendatang Oke!)

OK! langsung saja ya…..

1. katakanlah saya punya bentuk geometri struktur dari rangka atap baja ringan dengan model seperti dibawah ini

Baja ringan STAAD

2. Kita rubah dulu unit satuan ke Kg.m. Untuk itu klik tool input units, kemudian rubah satuan pada length Units menjadi Meter dan Force Unit menjadi Kilogram. Klik OK!.

input units

S1

  • Memasukan parameter berat jenis (Density) material baja ringan

3. Seleksi seluruh Geometri struktur sehingga terblok dengan warna merah, kemudian pada menu pulldown, klik Command > klik Material constants > klik Density

seleksi portal

4. Akan keluar kotak dialog Material Constants - Density. Anda pilih radio button Enter Value. Isi dengan 7400 kg/m3. Kemudian pada frame assign pastikan pada pilihan To Selections. Klik OK!.

s2 

  • Memasukan parameter Modulus Elastisitas (E) material baja ringan

5. Kita rubah dulu unit satuan ke N.mm. Untuk itu klik tool input units, kemudian rubah satuan pada length Units menjadi Milimeter dan Force Unit menjadi Newton. Klik OK!.

input units

input units2

6. Seleksi seluruh Geometri struktur sehingga terblok dengan warna merah, kemudian pada menu pulldown, klik Command > klik Material constants > klik Elasticity

seleksi portal2

7. Akan keluar kotak dialog Material Constants - Elasticity. Anda pilih radio button Enter Value. Isi dengan 200000 N/mm2. Kemudian pada frame assign pastikan pada pilihan To Selections. Klik OK!.

s3

  • Memasukan parameter Modulus Geser (G) material baja ringan

8. Pada menu pulldown, klik Command > klik Material constants > klik G (Shear Modulus)…

seleksi portal3

9. Akan keluar kotak dialog Material Constants – Shear Modulus-G. Anda pilih radio button Enter Value. Isi dengan 80000 N/mm2. Kemudian pada frame assign pastikan pada pilihan To Selections. Klik OK!.

s4

  • Memasukan parameter tegangan maksimum dan kuat leleh material baja ringan

10. Untuk memasukan data tegangan maksimum dan kuat leleh, bisa diakses ke menu page. Klik tab Design > Klik Tab Steel > kemudian Klik Select Parameter.

s7

s6

11. Dari data Parameter Selection yang ada. Pilih Fu – Ultimate tensile strength of steel dan Fyld – Yield strength of steel.

s5

 12. Untuk mengisikan datanya ikuti langkah-langkah berikut ini.

Dari kotak dialog Parameter Selection. Klik tombol  << . Sehingga semua data di Selected Parameter (kanan) berpindah ke Available Parameter (kiri)

a3

a4

13. Seleksi atau pilih Fu – Ultimate tensile strength of steel dan Fyld – Yield strength of steel. kemudian klik tombol >

a6

Maka otomatis Fu – Ultimate tensile strength of steel dan Fyld – Yield strength of steel berpindah ke kolom Selected Parameters disebelah kanan.

a8

14. Sekarang Klik Define Parameters.

a9

15. Isi Fyld = 550 N/mm2 dan Fu = 550 N/mm2 dengan nilai  seperti dibawah ini.(jangan lupa tekan Add lho ya…)

Fu (1)

Fyld (1)

Jika sudah anda tinggal melakukan Assign data Fu dan Fyld yang sudah kita definisikan ini struktur rangka atap kita. Bisa toh caranya…..gampang kok (Nb : jika kesulitan jangan sungkan-sungkan hubungi saya hehehe…)

Ok! Sudah selesai dech inputing datanya…..semoga bermanfaat ya…….

Cuap-cuap Kampuz Teknik SipiL……

Tips Memilih Rangka Atap Baja Ringan yang baik

Unutk memilih rangka atap baja ringan yang baik harus berpatokan pada banyak hal dan ketelitian sebelum membeli sangat diperlukan. Carilah informasi sebanyak-banyaknya atau paling tidak mampu memberi pertimbangan kuat sebelum memutuskan pilhan.

batten_reng

sample unit truss_non batten

(Sorce Image : http://satriaku-satria.blogspot.com/ )

   1. Perhatikan dengan seksama produsennya. Apakah kredibel dalam menyediakan jasa Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan.
   2. Mintalah informasi ukuran/dimensi Rangka utama/"C channel" dan bahan reng yang akan dipasang. Semakin besar/tebal Reng dan C channel , semakin besar pula beban yang dapat ditanggung oleh rangka tersebut. Semakin kecil dan tipis ukuran/dimensi C channel, semakin kecil pula kesanggupan rangka untuk menanggung total beban penutup atap.
   3. Mintalah Informasi ketebalan lapisan anti karat yang di gunakan. Harus sesuai dengan ketentuan yg berlaku:
      Galvanis: yaitu pelapisan dengan dengan Zinc (seng) saja dengan minimum pelapisan 180gr/m2. 
      Galvalum: yaitu pelapisan dengan dengan Zinc dan aluminium saja dengan minimum pelapisan 150gr/m2. komposisinya tergantung dari produsen yg memproduksinya.
   4. Periksa apakah software desain memiliki sertifikasi / rekomendasi dari badan konsultan atau lembaga konstruksi terpercaya tertentu.
    5. Tanyakan dan periksa kualifikasi tukang pemasang.
   6. Minta rekomendasi dari pihak-pihak yang mengerti industri konstruksi, seperti konsultan atau arsitek bangunan.

25 komentar:

Anonymous said...

THANK YOU BRO ILMUNYA...
BRO,SY LAGI BELAJAR TEKLA,PUNYA TUTORIALNYA GA?

Lutfi Andrian said...

Sama-sama mas,
Tapi mohon maaf untuk saat ini, saya tidak memiliki tutorial TEKLA STEEL/TEKLA STRUCTURE,

satria said...

artikel sangat bagus , sangat membantu.....sukses ya Mas.

Daniel DPK said...

bagus sekali infonya mas Lutfi..kalo pakai SAP 2000 gimana ya mas Lutfi caranya..soalnya agak kurang familier dengan STAAD :)

Lutfi Andrian said...

Kalau di SAP, menu untuk memasukan 5 parameter diatas bisa diakses di Define > Material, kemudian pada listbox material klik CLDFRM, lanjutkan dengan mengklik Modify/show material. Kemudian pada frame Type Of Material klik Orthotrophic.Maka akan keluar kotak informasi Material Propherty Data. Nah...dikotak ini silahkan anda isikan 5 parameter diatas, yaitu
1. Tegangan maksimum 550 MPa
2. Kuat leleh 550 MPa
3. Modulus geser 80.000 MPa
4. Modulus Elastisitas 200.000 MPa
5. Berat Jenis 7400 kg/m3

Jika sudah Klik OK
selesai...

HendraGt said...
This comment has been removed by the author.
HendraGt said...

halo mas,nama saya hendra,saya mau numpang nanya nih mas,tapi bukan masalah staadpro,ini sap2000,pertanyaannya gini mas:
kalo kita mau input data material properties baja di Sap2000,itu yang effective tensile stress (fue)ama effective yield stress (fye)hubungannya dengan tensile stress (Fu) ama Yield stress (Fy) apa ya?? padahal data material baja yang sering kita lihat kan hanya ada data Fy dan Fu ..terima kasih sebelumnya ya..

deanz said...

maksih atas postingan staad nya n saya tunggu sampel2 staad yg laennya..:)

Anonymous said...

download sofwarenya dimana yah Mas.. Thanks..
please reply muammarluthfiharun@gmail.com

tanti said...

mas boleh minta langkah2 desain frame untuk baja ringan menggunakan SAP2000 / STAAD PRO? bisa reply ke neng_tanz@yahoo.com

terima kasih

Lutfi Andrian said...

@Tanti:
Sebenarnya langkah-langkah desain baik menggunakan SAP ataupun STAAD, konsepnya sama saja, dimulai dari pemodelan geometri struktur kemudian penentuan dan assign material property data, dilanjutkan dengan pendefinisian pembebanan dan analisa struktur serta desain struktur,...
Nah...sekarang sekarang yang mau saya tanyakan, mbak tanti minta yang mana?, Langkah-langkah dalam pembuatan geometri struktur? ataukah pendefinisian dan assign material struktur beserta pembebannanya? atau yang mana?, kalau mbak tanti minta lengkap proses desain dari awal sampai akhir, materi (contoh kasusnya sudah ada) tapi masih belum diketik, nanti tinggal di share lewat blog saja, atau nanti jika draftnya(modulnya) sudah saya ketik insya alloh saya akan kirim ke email mbak tanti...
thanks :)

Anonymous said...

ass, mas boleh di infokan cara menambahakan profile baru (dimensi maupun bentuk)yang seusai dengan barang yang ada di toko bagaiamana? misalnya nambah profile untuk reng atau profile kuda-kuda yang ukurannya lebih kecil dari database yang tersedia di staad.

tomi adhi hermawan said...

ASSALAMUALAIKUM
mas Lutfi saya Tomi, mau tanya kalau assign property baja ringan di STAAD PRO pilih DATABASE nya yang mana ya? apa buat penampang sendiri?
saya mau pakai profil Canal C, ukuran H75, B35, Lip7 mm
mohon infonya, thanks

Lutfi Andrian said...

@Anonim : walaikumsalam, okey mas pertanyaan mas sudah saya jawab. lihat posting saya di http://www.kampustekniksipil.co.cc/2011/04/create-user-table-fasilitas-untuk.html
@Mas tomi : mohon maaf mas saya baru bisa balas sekarang. kalau di STAAD database untuk profil seperti itu tidak ada, tapi kita bisa mensiasatinya dengan membuat profil penampang sendiri melalui create user table (lihat di :http://www.kampustekniksipil.co.cc/2011/04/create-user-table-fasilitas-untuk.html) atau bisa melalui modification databese (Coldformed IS) karena menggunakan profil Chanel yang pakai lip/bibir.
untuk mengaksesnya klik Tools > Modify Section Databese > cari databese Coldformed (IS)> kemudian pilih Channel with lips > klik salah satu penampang > klik Add.
kemudian isikan Area, D, B, t, Lip, R, Iz, Iy sesuai dengan tabel profil yang mas tomi miliki.

Akhmad Gazali said...

Asslam...wr..wb..
Mas, saya mau tanya gimana caranya memasukkan beban merata pada bangunan yang konturnya menurun (miring)dalam program Staad Pro 2004? mohon langkah2 dan penjelasannya. Trim's..

Lutfi Andrian said...

@Mas Akhmad Gazali :
Walikumsalam wr wb...
untuk memasukan beban merata pada bidang yang miring, pada waktu melakukan assign beban, ganti global directionnya menjadi GY (kalau searah gravitasi.
kalau ingin bebannya tegak lurus bidang, ganti directionnya ke pilihan Y.
(cat : jangan lupa, bebannya pada pilihan uniform load lho ya...)

semoga bermanfaat :)

azmi albouftaind said...

hallo... mas.. saya mau minta tabel SNI tentang meterial baja ringan....

Unknown said...

siang mo nanya.. di STAAD ada pasilitas import IFC gak.

Lutfi Andrian said...

@Gunawan : di STAAD ndak punya fasilitas untuk import IFC mas :)

Teknik Sipil said...

makasih bnyk bwt infonya gan.........thx


punya data cara input beban gempa dengan SAP 2000 gk?

Anonymous said...

mas, punyaku kok muncul peringatan "copy protection device/system does not support ANSI/AISC N690 (US, STainless Steel) design code." emang kenapa ya itu ? ane makek STAAD Pro V.8i

Unknown said...

assalamu'alaikum wr. wb..
cara downloadnya gmn mas?..

Lukman A. Gandi said...

terimakasih bang ilmu nya yang bermamfaat.....

Bang saya lg merencanakan gording dengan menggunakan baja Kanal C ringan dengan ukuran C100x50x20x3.2. melalui modification databese (Coldformed IS) sudah saya masukkan Area, D, B, t, Lip, R, Iz, Iy sesuai dengan tabel profil yang saya gunakan. namun stelah saya running muncul Warning :

**WARNING-THIS VERSION DOES NOT DESIGN THIS SECTION TYPE (MEMBER 1)***

sehingga steel design nya tdak muncul...

Gimana bang solusinya, Mohon pencerahanya...
terimakasih...

Unknown said...

Makasih banyak share yg sgt luar biasa nya

Bisa d bantu langkah2 step selanjutnya hingga keluar hasil akhir analisa dan design nya. Bisakah dikirim ke email saya : ruslee_sp99@yahoo.co.id

Terimaksih

Baja Ringan said...

Wah sangat bermanfaat sekali infonya.
saya yakin bermanfaat juga buat para pengunjung yang lain.
Thanks ya,..!!!
Di tunggu update artikel selanjutnya, semoga tambah sukses.
mantap..!

Post a Comment

Merupakan sebuah kehormatan dan kebahagiaan bagi kami, jika anda berkenan untuk meluangkan waktu sejenak untuk memberikan kritik dan saran bagi blog kecil ini, melalui kotak komentar dibawah ini.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes