CLIMWAT 2.0.PROGRAM PENDAMPING CROPWAT

Buat teman-teman yang udah punya program CROPWAT, maka rasanya kurang lengkap jika tidak menggunakan juga program yang satu ini,..

New Picture (1)

Nama program ini adalah CLIMWAT, saudara sepupu dari  CROPWAT yang mondok dipesantren  FAO (Food and Agriculture Organization).

CLIMWAT adalah sebuah database program  yang mencakup data dari total 3.262 stasiun meteorologi dari 144 negara, sehingga memungkinkan untuk melakukan perhitungan kebutuhan air tanaman dan perencanaan irigasi pada bermacam-macam tanaman untuk berbagai stasiun iklim di seluruh dunia.. (Sumber : http://www.fao.org/nr/water/infores_databases_climwat.html)

CLIMWAT 2.0 mempunyai  data agroclimatic yang diamati lebih dari 5000 stasiun iklim di seluruh dunia seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

climwatagents

lokasi stasiun yang masuk dalam database CLIMWAT 2.0

Source : http://www.fao.org/nr/water/infores_databases_climwat.html

 

CLIMWAT AREA

Distribution of climate stations contributing to the FAO CLIMWAT Database.

Source: Hatfield 2009, after Alemaw and Sebusang (2008): FAO (1993)

CLIMWAT dalam pengoperasiannya dikombinasikan dengan program CROPWAT yang memiliki database klimatologi dalam jumlah terbatas.

Untuk download softwarenya, anda boleh klik disini, atau bisa juga mengambil langsung di brankas file saya disini

Selengkapnya mengenai CLIMWAT 2.0, anda bisa pelajari dengan mengKLIK  disini.

Share:

1 comment:

Merupakan sebuah kehormatan dan kebahagiaan bagi kami, jika anda berkenan untuk meluangkan waktu sejenak untuk memberikan kritik dan saran bagi blog kecil ini, melalui kotak komentar dibawah ini.

Cari Artikel

Follow by Email

Popular Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sobat Kampuz