Beribadah bagi kaum muslimin adalah kegiatan yang penting diantara banyak kegiatan lain di rumah. Dan karena kegiatannya cukup spesifik, tumbuhlah satu kebutuhan untuk memiliki ruang khusus yang mewadahi kegiatan ini : ruang untuk sholat dan ibadah lainnya bagi keluarga.

Bahkan bagi sebagian orang, keterbatasan lahan tidak menyurutkan keinginan untuk memiliki ruang shalat di rumah. Sekalipun kecil, paling tidak ruang ini tetap berfungsi sebagai tempat untuk “melarikan diri” sejenak dari segala sesuatu yang bersifat keduniawian.

Saat ini, banyak keluarga muslim yang melengkapi tempat tinggalnya dengan sebuah ruang khusus untuk kegiatan beribadah. Kegiatan ibadah di rumah, seperti sholat wajib atau sunah, membaca kitab suci Al Qur’an, belajar mengaji, belajar ilmu agama, berdzikir, dan doa-doa lainnya kini mendapat perhatian khusus karena tingginya tuntutan kebutuhan spiritual pada tiap individu dalam sebuah keluarga.

Diantara hiruk pikuk dan kemilau dunia, seseorang butuh waktu-waktu untuk menyendiri, berintrospeksi, dan merenung demi mengisi kekosongan jiwanya dengan cara berkomunikasi kepada Tuhan sang pencipta alam semesta. Sesungguhnya, tempat ibadah bisa dimana saja. Namun, ketika seseorang butuh suasana yang mendukung kualitas ibadah tersebut, maka ruang sholata adalah yang paling tepat.

Di ruang khusus tersebut, sesorang bisa menghabiskan malam-malamnya dalam alunan doa yang panjang tanpa khawatir terganggu oleh kebisingan dunia.

Nah sob, di edisi romadhon kali ini, sobat akan saya ajak untuk “ngabuburit”, maksud saya berkunjung kerumah saudara kita umat muslim, untuk melihat ruang sholat mereka, seperti apa ya kira-kira?, sekalian juga untuk silaturohim, siapa tahu “ngabuburit” kali ini bisa memunculkan ide-ide segar sehingga bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk mewujudkan ruang sholat di rumah kita. ^_^

 

Ruang Sholat Di Sudut Rumah Dekat Taman Belakang

 

ruang sholat 1a

ruang sholat 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pentingnya suatu ruang dapat ditunjukan oleh beberapa hal, misalnya dengan menempatkan ruang tersebut ditempat yang terbaik, tentu saja yang dimaksud dengan “terbaik” disini bukan “mutlak”, melainkan yang dianggap paling bagus menurut pendapat individu yang menempatkannya dan ini sifatnya subyektif.

Tiap rumah pasti punya sudut terbaiknya, salah satunya adalah pemilik rumah diatas, dimana ruang sholat ditempatkan di sudut rumah dekat taman belakang.

Dari sini, view indah dari halaman dimasukan kedalam ruang, bukaan pintu dan jendela yang lebar seolah menjadi bingkai tersendiri bagi keindahan tersebut.

 

Ruang Sholat “Gazebo”

 

ruang sholat 2

 

Ketika ruang sholat tidak cukup untuk diterapkan didalam rumah dikarenakan keterbatasan ruang yang tersedia, mungkin membuat ruang sholat diluar rumah bisa menjadi alternatif.

Seperti membuat Gazebo di halaman rumah misalnya,

hmmm… di halaman rumah ya? yups betul, mengapa tidak? selama tempat tersebut bersih, nyaman dan ditempatkan dihalaman  samping atau belakang rumah, maka tidak ada salahnya jika dijadikan ruang untuk beribadah kepada sang khalik.

 

Ruang Sholat Diantara Rimbunnya Tanaman Koleksi Dan Gemericik Kolam Air Mancur

 

Tanaman yang rimbun dan hijau tentunya punya efek positif untuk menyegarkan pikiran, apalagi jika dipadukan dengan suara gemericik kolam air mancur. Selain itu diharapkan seseorang akan lebih menghargai mahlukh hidup ciptaan Tuhan

ruang sholat 3

 

Material kayu sangat dekat hubungannya dengan penciptaan suasana alami, tekstur dan warnanya membawa kehangatan bagi orang yang shalat didalamnya.

 

Ruang Sholat Di Area Void

 

 

ruang sholat 4 

Tempat sholat bukan hanya perlu memenuhi persyaratan bersih, tapi juga “terasing”. Karena keterasingan bisa membantu konsentrasi. Hal yang sangat dibutuhkan ketika kita ingin berhubungan dengan sang Khalik.

Membuat ruang yang “terasing” bisa diartikan membuat ruang tersendiri dan memisahkan diri dari ruang-ruang yang lain didalam rumah. Akan tetapi keterbatasan lahan membuat hal ini tidak mudah dilakukan. Void, mungkin jadi satu alternatif yang bisa dipertimbangkan.

Void adalah ruang kosong yang menjadi penghubung lantai 1 dan lantai 2 pada rumah bertingkat. Membuat satu lantai di area void untuk sholat berarti mendapatkan satu ruang yang terpisah tanpa harus mengorbankan yang lain.

 

Ruang Sholat Multifungsi

Beberapa keluarga lebih meyukai ruang sholat mereka punya banyak manfaat, alias multifungsi, bisa digabungkan dengan kegiatan yang lainnya, misalnya untuk belajar dan bekerja. Ketika ruang tak dipakai untuk sholat, karpet-karpet segera digulung, sajadah, sarung dan mukenah dilipat dan disimpan dalam peti penyimpanan.

 

ruang sholat 5 

Akan tetapi tidak sembarang kegiatan bisa dilakukan disini, harus dipastikan dulu bahwa kegiatan yang akan dilangsungkan tidak membuat kotor ruang ini. Selain itu element furniture dan pelengkap yang lainnya harus fleksible sehingga tidak menyulitkan saat dipindahkan

 

ruang sholat 6

 

 

Nah,... sekarang bagaimana dengan ruang sholat sobat? smile_regular

 

---------------------------------------

Referensi : Tabloid Serial Rumah

Oleh : Rahmiah Nurwulandari, ST

---------------------------------------

Diposkan oleh lutfi@ndri@n on Sabtu, 11 Agustus 2012

2 komentar

  1. saya sangat suka gambar di atas desainnya sangat rapi, terima kasih gan atas infonya. sangat bermanfaat, salam kenal ya. dan salam hangat.

     
  2. saya aja dari kemarin mau bikin ruang solat diruma saya. tapi saya masi bingung desainnya nanti gimana.

    tapi saya berterima kasih atas postingannya gan, karena sangat bermanfaat. salam kenal ya.

     

Poskan Komentar

Merupakan sebuah kehormatan dan kebahagiaan bagi kami, jika anda berkenan untuk meluangkan waktu sejenak untuk memberikan kritik dan saran bagi blog kecil ini, melalui kotak komentar dibawah ini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ma'rifat Kampus Teknik Sipil

"Barangsiapa yang berjalan menuntut ilmu, maka ALLAH mudahkan jalannya menuju surga. Sesungguhnya malaikat akan meletakan sayapnya untuk orang yang menuntut ilmu karena ridho dengan apa yang mereka lakukan. Dan sesungguhnya para Nabi tidak mewariskan dinar tidak juga dirham, yang mereka wariskan hanya ilmu. Dan barangsiapa yang mengambil ilmu itu, maka sungguh, ia telah mendapatkan bagian yang paling banyak."
(Sabda Rasulullah shallallahu'alaihi'wa salam)

Komentar Terbaru

Tombo Ati

Tombo ati iku limo perkarane
1. Moco Qur'an Lan Maknane
2. Sholat Wengi Lakonono
3. Wong Kang Sholeh Kumpulono
4. Kudu Weteng Ingkang Luweh
5. Dzikir Wengi Ingkang Suwe

Ketika engkau bersembahyang
Oleh takbirmu pintu langit terkuakkan
Partikel udara dan ruang hampa bergetar
Bersama-sama mengucapkan Allahu Akbar

Bacaan Al-Fatihah dan surah
Membuat kegelapan terbuka matanya
Setiap doa dan pernyataan pasrah
Membentangkan jembatan cahaya

Tegak tubuh alifmu mengakar ke pusat bumi
Ruku' lam badanmu memandangi asal-usul diri
Kemudian mim sujudmu menangis
Di dalam cinta Allah hati gerimis

Sujud adalah satu-satunya hakekat hidup
Karena perjalanan hanya untuk tua dan redup
Ilmu dan peradaban takkan sampai
Kepada asal mula setiap jiwa kembali
Maka sembahyang adalah kehidupan ini sendiri
Pergi sejauh-jauhnya agar sampai kembali
Badan di peras jiwa dipompa tak terkira-kira
Kalau diri pecah terbelah, sujud mengutuhkannya

Sembahyang di atas sajadah cahaya melangkah perlahan-lahan
ke rumah rahasia Rumah yang tak ada ruang tak ada waktunya
Yang tak bisa dikisahkan kepada siapapun

Oleh-olehmu dari sembahyang adalah sinar wajah
Pancaran yang tak terumuskan oleh ilmu fisika
Hatimu sabar mulia, kaki seteguh batu karang
Dadamu mencakrawala, seluas 'arasy sembilan puluh sembilan

(by : Emha Ainun Najib)

Kampus Teknik Sipil. Diberdayakan oleh Blogger.

Share It

Popular Posts

Sobat Kampuz

Sobat Kampuz Yang Mampir

Kunjungan Sobat KampuZ

widgeo.net

Subscribe Now